Wednesday, November 9, 2011

Khasiat Daub Sirsak


Penemuan mengena khasiat sirsak sebagai obat kanker membuat tanaman buah berasal dari Amerika Selatan ini terasa begitu istimewa. Sirsak dinilai lebih baik daripada kemoterapi dalam mengobati kanker. Sirsak dapat mengobati beberapa jenis kanker sekaligus seperti : Kanker paru-paru, hati, payudara, prostat dan usus besar.
Beberapa studi menunjukan bahwa kandungan senyawa pada sirsak efektif melawan, menargetkan dan membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal seperti sel kanker. Senyawa ini tidak menyerang sel normal, berbeda dengan kemoterapi yang masih menyerang sebagian sel normal. Sirsak dikatakan 10.000 lebih kuat dalam menghambat  pertumbuhan sel kanker dibandingkan kemoterapi.
Disamping keistimewaan tersebut, sirsak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi berbahaya, serta dapat meningkatkan energi dalam tubuh sehingga tubuh si penderita terasa lebih fit.
Kandungan kimia daun sirsak dan cara kerjanya dalam menghancurkan sel kanker.
Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang disebut Acetoginin. Senyawa ini terdiri dari :
·         Muricatocin A dan B
·         Annomuricin E
·         Muricapentocin
·         Annopentocin A, B dan C
Acetoginin menyerang sel kanker dengan cara menghambat suplai ATP (adenosine trifosfat) yang merupakan sumber energi bagi sel, termasuk sel kanker. Namun hanya ATP sel kanker yang dihambat, sedangkan ATP sel normal tidak diserang
Acetoginin akan menempel pada reseptor di dinding sel kanker, Saat ATP akan masuk kedalam sel kanker, acetoginin akan menghambat dan merusaknya. Akibatnya sel kanker yang membutuhkan energi untuk berkembang tidak memperoleh ATP sebagai sumber energi, Akhirnya lama kelamaan sel kanker akan mati.
Riset pernah dilakukan pada tahun 1976 namun terhenti, kemudian pada tahun 1995, Jerry L McLaunglin, periset  dari Sekolah Farmasi Purdue University, Amerika Serikat, terdorong melakukan riset itu bekerjasama dengan Prof. Soelaksono Sastrodiharjo PhD, periset dari Institut Tekhnologi Bandung.

Bagian Tanaman Sirsak Yang digunakan sebagai Obat
Hampir semua bagian tanaman sirsak dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, bagian tanaman yang digunakan untuk mengobati kanker adalah :
·         Bagian Daun                      (Mengandung senyawa Saponin, Polifenol,
·         Bagian Buah                         dan bioflavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan)
Bagian daun yang digunakan adalah daun yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua, hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa acetoginin, Sebaiknya daun yang digunakan adalah daun ke empat sampai dengan ke enam dari ujung ranting.
Buah sirsak yang digunakan adalah buah yang sudah matang, yang diindikasikan dengan kulit buah hijau kusam atau kekuningan, serta duri-duri di kulit buah sudsaling menjauh.

Cara menyiapkan Ramuan
Cara menyiapkan ramuan dari tanaman sirsak untuk pencegahan dan pengobatan kanker adalah sebagai berikut :
1.       Pencegahan
Buah Sirsak yang sudah matang dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman Jus
2.       Pengobatan
10 lembar Daun Sirsak dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas, saat merebus sebaiknya tidak menggunakan panci alumunium , sebaiknya menggunakan panci stainlessteel, setelah dingin saring dan konsumsi  dua kali sehari pagi dan sore masing-masing satu gelas. Penderita disarankan untuk mengkonsumsi buah sirsak matang, dapat berupa buah langsung  ataupun dibuat Jus. Cukup mengkonsumsi seperempat  buah sirsak berukuran sedang.

Efek Pada Tubuh
Setelah meminum air rebusan daun sirsak, biasanya tubuh akan merasa hangat atau panas.  Namun tidak selalu terjadi pada setiap orang, efek ini biasanya hanya berlangsung beberapa hari pada awal mengkonsumsi rebusan air  daun sirsak.
Setelah beberapa hari meengkonsumsi air rebusan daun sirsak, biasanya dapat meningkatkan nafsu makan, tentunya hal ini sangat baik bagi tubuh.
Efek akan baru tersa setelah mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin dalam waktu 3 sampai dengan 4 minggu.